Ikhtisar
Layanan yang disediakan startup akuntansi seperti pencatatan pembukuan dan sistem kasir dari startup POS menjadi dua kebutuhan umum pelaku UKM.
Pelaku startup akuntansi dan POS sama-sama merasa penting adanya platform yang menyediakan end to end yang terintegrasi dan memudahkan pengguna.
Salah satu kendala bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) dalam mengembangkan bisnisnya adalah kurang menyadari pentingnya membuat catatan pembukuan transaksi. Padahal, catatan pembukuan ini termasuk syarat wajib untuk mengajukan pinjaman usaha kepada lembaga keuangan.
Di sisi lain, pelaku UKM juga terkendala dalam menyediakan sistem kasir dengan pola tradisional yang membutuhkan dana investasi tidak sedikit. Untuk menjawab permasalahan tersebut, saat ini telah muncul berbagai startup baru yang menawarkan layanan Point of Sale (POS) atau sistem kasir dengan harga terjangkau bagi pelaku UKM.
Namun kemunculan startup POS ini belum menjawab kebutuhan UKM akan catatan pembukuan profesional, sehingga muncul beberapa startup yang menawarkan layanan akuntansi seperti Sleekr maupun Jurnal.
Kesimpulannya adalah bahwa dalam menyusun suatu sistem informasi baik untuk UKM ataupun usaha besar sangatlah diperlukan suatu perhitungan pembukuan baik itu dalam hal POS atau Point Of Sales yang mencatat berbagai pemasukan, pengeluaran, jumlah stok dan lain lain sehingga pencatatan dan alur keuangan menjadi lebih baik dan mempunyai pencatatan yang baik. Namun, POS saja tidak cukup, suatu perusahaan harus memiliki suatu pembukuan akuntansi yang benar yang mana catatan tersebut akan digunakan untuk ditujukan kepada investor ataupun untuk meminjam dana kepada lembaga keuangan. Maka dari itu, kolaborasi Aplikasi Akuntansi & POS sangatlah penting karena kedua hal ini bisa berhubungan secara end to end.
Ingin membaca dan mempelajari lebih jauh? Silahkan klik link sumber dibawah ini :
Posting Komentar